Healthcare / Medical Care | 2016-12-15 12:07:09

Cara Menjaga Kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut seringkali diabaikan oleh beberapa orang karena di anggap sesuatu yang rumit. Apabila sering diabaikan tentunya gigi kita akan mengalami kerusakan gigi, gusi dan menimbulkan penyakit berbahaya. Oleh karena itu sahabat DV Medika jangan khawatir, disni kami akan membagikan kepada kalian tips merawat gigi dan mulut kalian agar terhindar dari kerusakan gigi dan area mulut anda.

Menjaga kesehatan gigi, mulut dan gusi tentunya harus dilakukan setiap hari. Karena area gigi, gusi dan mulut tentunya merupakan area yang paling sering kita isi dengan makanan, yang dimana apabila tidak dibersihkan dengan benar gigi mengalami kebolong pada gigi, sangat disayangkan sekali apabila gigi kita tidak terawatt dengan baik. Jangan khawatir sahabat DV Medika, kami akan siapkan tips-tips yang sederhana untuk sahabat DV Medika. Tidak ada salahnya apabila kita memulainya dari hal yang sederhana bukan?

Tips untuk menjaga gigi, gusi dan mulut kita:

  1. Menggosok gigi dengan rutin

Hal yang paling sederhana adalah menggosok gigi dengan rutin, waktu yang pas adalah pada pagi hari pada saat kita ingin memulai aktivitas sampai malam hari, tentunya kita harus membersihkan gigi kita sebelum tidur agar mengurangi kotoran-kotoran yang masuk ke sela-sela gigi kita tanpa kita sadari dapat menyebabkan kebolongan pada gigi kita.

  1. Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride

Perlu diketahui menurut artikel Dokter Sehat, pasta gigi yang mengandung Fluoride bisa melindungi permukaan gigi dari serangan bakteri dan pengeroposan pada gigi.

  1. Kurangi merokok

Tanpa kita sadari ketika kita merokok ada hawa panas yang masuk ke dalam mulut. Hawa panas tersebut dapat merusak gigi kita dan merubah warna gigi kita menjadi lebih kuning akibat asap dan bergitu banyak zat kimia yang terdapat dalam satu batang rokok, bayangkan apabila kita sehari mengkonsumsi rokok lebih dari 1 batang? Adopsi zat kimia akan semakin banyak masuk ke dalam gigi dan merambat ke dalam tubuh kita.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih tentunya tidak akan memberikan manfaat yang didapatkan secara langsung, akan tetapi apabila kita minum air putih kotoran yang ada di sela gigi kita bisa terdorong, dan anda juga bisa melakukannya dengan cara mengkumur gigi dengan air putih dan cukup aman apabila masuk ke dalam tubuh kita, apabila secara tidak sadar tertelan.

  1. Rutin berkunjung ke dokter gigi

Walaupun hal ini cukup sulit dilakukan oleh kebanyakan orang, tetapi hal ini sangat membantu kita dalam menjaga kondisi gigi kita dari hal-hal yang tidak bisa kita jangkau, seperti contoh keterbatasan dengan alat, dan tidak bisa melihat keseluruhan dalam mulut. Jangka waktu yang dapat dilakukan adalah dalam kurun 3-6 bulan. Agar dapat segera dibersihkan oleh dokter spesialis gigi kepercayaan anda.

  1. Kurangi makanan yang terlalu manis dan panas

Akan lebih baik kita mengurangi makanan yang manis, karena makanan yang terlalu manis dan panas dapat menyebabkan pengeroposan gigi dengan cepat, karena mengandung asam -pada gigi. Khususnya anak-anak yang masih kecil dan menyukai konsumsi permen. Cara mudah yang dapat dilakukan setelah mengkonsumsi makanan manis adalah mengkumur gigi secepatnya dengan air bersih.

Nah ke-6 hal yang kita sebutkan di atas cukup mudah dilakukan bukan? Ayo jaga kebersihan gigi kita, agar gigi, gusi dan mulut kita terhindar dari penyakir dan kebolongan pada gigi kita lalu kita harus menambalnya pada periode berkala, sangat menguras pengeluaran kita. Lakukanlah dari hal yang sederhana agar dapat mengurangi pengeluaran dan pencegahan gigi dari penyakit gigi kita.