Healthcare / Medical Care | 2016-12-15 12:07:09

Tips Olahraga Untuk Ibu Hamil

Mendapatkan sang buah hati merupakan hal yang paling berharga bagi pasangan suami dan istri. Dikarenakan hal tersebut merupakan hal yang sangat berharga, sangat penting bagi kita menjaga buah hati kita di dalam kandungan. Saat sedang hamil, banyak sekali ibu-ibu yang merasa takut melakukan aktivitas olahraga pada saat mengandung dikarenakan banyak hal seperti merasa terganggu karena perut yang kian membesar.

Tetapi jangan khawatir bagi bunda yang sedang hamil, olahraga juga penting dilakukan oleh ibu hamil loh demi kesehatan sang ibu dan mempermudah bunda pada waktu proses persalinan. Nah DV Medika akan share tips olahraga yang baik untuk ibu hamil diantaranya:

  • Jalan kaki di pagi hari sangat penting loh bagi kita semua, baik sedang hamil maupun tidak hamil. Jalan kaki setidaknya 30 menit melatih kesehatan jantung, pernapasan kita. Olahraga ini dapat dilakukan pada trimester pertama sampai akhir terutama sangat bermanfaat ketika bunda mengalami kontraksi, posisi tegak pada waktu berjalan dapat membantu bayi berada dalam posisi ideal untuk lahir. Tetapi jangan lupa untuk membawa air putih agar bunda tidak dehidrasi dan carilah jalanan yang rata tidak bebatuan aman bagi ibu yang sedang hamil.
  • Squat, olahraga ini cocok untuk bunda yang sedang masuk dalam trimester akhir. Posisi squat dalam keadaan jongkok dan melebarkan kaki ke arah luar. Posisi ini melatih bunda dalam proses persalinan agar terbiasa pada posisi tersebut selain itu memperkuat otot panggul menjadi lebih baik.
  • Berenang, nah olahraga ini sangat cocok lho untuk bunda-bunda yang malas berkeringat. Olaharaga ini bermanfaat untuk bunda agar tidak mudah sakit pingggang dan bengkak pada pergelangan kaki yang dikarenakan bobot kaki semakin berat. Olahraga ini dapat dilakukan pada trimester awal sampai akhir, tetapi harus berhati-hati karena lokasi kolam berenang pastinya basah dan licin.
  • Yoga¸olahraga ini sangat baik untuk ibu hamil, khususnya pada trimester pertengahan. Karena yoga dapat memperkuat otot perut si ibu, dan memberikan kelenturan pada tubuh ibu hamil, selain itu menjaga pikiran agar lebih rileks. Yoga yang harus di ambil adalah prenatal yoga yang bertujuan untuk meperlancar sirlkulasi darah, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan kualitas tidur, mencegah terjadi lower back pain.
Nah poin-poin di atas tentunya sangat mudah dilakukan bukan? Tidak menjadi hal yang sulit apabila bunda ingin berusaha berolahraga demi menjaga kesehatan diri sendiri serta memperlancar proses persalinan. Bukan hanya olahraga saja menjadi hal yang penting, asupan makanan yang bergizi juga sangat penting untuk kesehatan bunda dan bayi. Olahraga sekaligus diseimbangkan dengan asupan yang bergizi akan mendapatkan efek yang jauh lebih baik. Semoga artikel ini berguna bagi para ibu hamil yang masih belum mengetahui pentingnya olahraga pada saat hamil.


Salam,
DV Medika

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/olahraga-untuk-ibu-hamil/