Healthcare / Medical Care | 2016-12-15 12:07:09

Cara Mencegah Rabies

Hi sahabat DV Medika, siapa yang masih belum tahu virus Rabies? Menurut artikel Halodoc, Rabies merupakan infeksi virus yang menyebar melalui gigitan pada hewan yang terdeteksi infeksi. Virus ini bisa masuk dan memengaruhi tubuh dengan dua cara yang perlu sahabat DV perhatikan, diantaranya adalah:

  • Masuk ke dalam system saraf perifer secara langsung dan bermigrasi ke otak
  • Bereplikasi di dalam jaringan otot yang membuatnya aman dari system kekebalan tubuh, dari sini virus masuk ke dalam saraf persimpangan neuromuscular.

Selain itu ada dua tipe rabies:

  • Rabies ganas yang disebut dengan ensefalitis. Kasus ini terjadi sebesar 80 persen. Pasien akan berperilaku secara hiperaktif dan hidrofobia.
  • Rabies bisu, kondisi ini ditandai dengan gejala kelumpuhan bagi si pasien.

Apabila virus sudah menyebar ke bagian system saraf tentunya virus akan menghasilkan peradangan akut pada otak. Apabila sahabat DV Medika terkena gigitan dari hewan yang berinfeksi maka segera mencari penanganan ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan dini.

Bagaimana cara mengetahui apabila kita terkena virus rabies?

Menurut Halodoc, cara mengetahui gejala apabila kita terkena virus rabies yaitu gejalanya serupa dengan flu, demam dan sakit kepala berhari-hari. Biasanya akan terasa gatal di bagian yang terserang gigitan hewan tersebut. Kondisi ini biasanya akan berkembang pada tahap dimana seseorang akan merasakan kecemasan, disfungsi otak, kebingungan dan agitasi yang menyebabkan seseorang mejadi hiperaktif dan berperilaku secara abnormal.

Periode biasanya akan berakhir pada 2 – 10 hari. Apabila kerabat, teman, maupun diri anda sendiri sudah merasakan gejala tersebut segera cari pertolongan secepatnya di klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan vaksinasi anti rabies dengan tujuan untuk mengurangi infeksi dan dampak yang akan terjadi.

Hal tersebut sangat menakutkan bukan? Sahabat DV Medika tentunya kalian harus lebih mengetahui apakah hewan peliharaan anda bebas dari virus rabies. Apabila sahabat DV Medika memiliki hewan peliharaan, akan lebih baik apabila dibawa ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan anda. Khususnya orang tua untuk lebih memperhatikan buah hati anda apabila bermain dengan hewan-hewan seperti anjing, kucing, dan lainnya. Karena virus rabies akan lebih mudah menyerang kekebalan tubuh anak-anak balita maupun di bawah umur.


Salam,
DV Medika 

https://www.halodoc.com/ini-5-cara-pencegahan-agar-terhindar-dari-rabies